Friday, March 4, 2016

Interkoneksi Antar Komponen Komputer

Interkoneksi Antar Komponen Komputer
Interkoneksi antar komponen adalah struktur dan mekanisme yang menghubungkan antara CPU, main memory, perangkat masukan dan keluaran.
Secara fisik interkoneksi antar komponen berupa “perkawatan”. Interkoneksi memerlukan tata cara atau aturan komunikasi agar tidak kacau (chaos) sehingga mencapai tujuan yang diharapkan.
Antara CPU, main memory, perangkat masukan dan keluaran dihubungkan oleh sebuah BUS. BUS terbagi menjadi 3 macam bagian diantaranya bus alamat (address bus), bus data (data bus), bus control (control bus) . Lalu apa fungsi dari ketiga bagian ini?
Address Bus , Bus yang mengirim alamat lokasi memori atau port yang ingin ditulis atau dibaca. Jumlah lokasi memori yang dapat dialamati CPU ditentukan oleh jumlah jalur alamat. Jika CPU memilki (n) jalur alamat maka dapat secara langsung mengalamati 2n pada lokasi memori.
Data Bus , Bus data ini Bidirectional berarti dapat dibaca dan dikirim dari atau ke dalam memori atau port. Bus data berhubungan dengan transfer data, pembacaan data dari atau ke memori dengan peralatan-peralatan.
Control Bus , Bus yang digunakan CPU dengan dikirimi sinyal untuk memerintahkan memori atau port I/O.

Related Posts

Interkoneksi Antar Komponen Komputer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Powered by Blogger.