Saturday, March 5, 2016

Jenis-Jenis Program Utility

Jenis-jenis program utilitas terbagia atas 2 yaitu:
1. Program Utilitas Internal (bawaan)
File Manager adalah Program utilitas yang melakukan fungsi-fungsi yang berkaitan dengan manajemen file, seperti memformat dan menyalin disk, menampilkan daftar file, memeriksa jumlah ruang yang di gunakan dan ruang kosong pada media penyimpanan, mengorganisasikan, merename, menghapus, memindahkan dan mengurutkan file-file.
Personal Firewall adalah program utiltas yang berfungsi utuk mendeteksi dan melindungi komputer anda dari usaha komputerlain untuk masuk ke komputer anda tanpa izin.
Disk Defragmenter adalah program utilitas yang menata kembali file-file dan ruang-ruang kosong pada hardisk komputer agar sistem operasi dapat mengakses data dan program dapat berjalan ledih cepat.
Utilitas Backup Suatu program utilitas yang memunkinan pengguna untuk menyalin atau membackup file-file terpilih atau seluruh hard disk ke media lain seperti CD, DVD, dll
Utilitas Diagnostik adalah untuk mengumpulkan informasi teknis mengeanai hardware dan software tertentu dari komputer anda dan kemudian membuat laporan yang menggarisbawahi masalah-masalah yang teridentifikasi.
Image Viewer adalah program utilitas yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan , menyalin dan mencetak isi dari file gambar.
Disk Scanner adalah utilitas untuk mendeteksi dan memperbaii masalah fisik hardisk dan menghapus file-file yang tidak dierlukan.
Uninstaller adalah program utilitas untuk menghapus program dan berkas-berkas yang berkaitan dengan file sistem.
Screen Saver adalah utilitas untuk menampilkan gambar bergerak atau kosong jika mouse dan keyboar sejenak berhenti braktivitas.
Kriptografi Utilitas dapat membantu dalam mengkonversi ke dalam kode bahasa biasa dan juga mengkonversi kode ke dalam bahasa biasa. Oleh karena itu, berguna dalam mengenkripsi dan mendekripsi file.
2. Program Utilitas External (Bukan Bawaan)
Registry Cleaner adalah program utilitas yang berfungsi untuk membersihkan file-file yang menumpuk di registry yang membuat perlambatan pada komputer seperti booting lebih lama,sehingga jika kita telah meregistrinya maka akan menghilangkan perlambatan pada komputer. Contoh Registry Cleaner : Regcure.
Anti virus (Virus Scanner)
Spyware Remover adalah program utilias untuk mendeteksi dan menghapus spyware dan adware. Spyware adalah program yang ditempatkan pada sebuah komputer tanpa sepengetahuan penggunya yang secara diam-diam akan mengumpulkan informasi mengenai pengguna terutama yang behubungan dengan penjelajahan di web.
Internet Filter adalah program yang menghapus atau menghentikan hal-hal tertentu agar idak ditampilkan. Tiga jenis internet filter yang digunakan secara luas adlah anti spam(menghapus spam sebelum masuk ke inbox kita), popup blocker(menghentikan pop-up agar tidak ditampilkan pada halaman web) dan web filter(membatasi akese ke materi-materi tertentu pada web).
Kompresi file adalah program utilitas yang berfunsi untuk menyusutkan ukuran file.
Konversi File adalah utilitas untuk mengubah isi sebuah file dari format yang satu ke format yang lain.
CD/DVD Burning adalah utilitas untuk menulis dan memperbaiki masalah-masalah pada sistem operasi atau disk dan memperbaiki kinerha komputer.

Related Posts

Jenis-Jenis Program Utility
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Powered by Blogger.